Article

Mengapa Harus Berinvestasi Emas?

GMIClub.com – Saat ini orang mulai melirik investasi sebagai salah satu alternatif keuangan lainnya selain menabung uang yang dianggap kurang mampu melindungi kekayaan dalam jangka panjang karena inflasi. Ada banyak jenis investasi yang ada di pasaran. Salah satunya adalah investasi emas. Banyak orang melirik emas sebagai investasi yang layak karena memiliki banyak keunggulan dibanding lainnya, yaitu antara lain karena terbukti menguntungkan dalam jangka panjang. Apa saja sih keunggulan investasi emas? Yuk intip beberapa alasannya:

1. Memiliki Nilai yang Stabil
Saat terjadi inflasi, biasanya harga emas tidak ikut turun, sehingga dianggap sebagai asset yang stabil.
2. Tren Cenderung Naik
Kenaikan harga emas selama 10 tahun terakhir rata-rata pertahunnya mencapai 20%. Ini berarti menginvestasikan dana anda dalam bentuk emas bisa lebih menguntungkan dibanding dalam bentuk uang.
3. Resiko Rendah
Dengan berinvestasi emas terutama emas batangan, Anda tak perlu khawatir akan penyusutan nilainya. Emas bersifat abadi serta aman untuk dijadikan investasi jangka panjang. Anda cukup memikirkan tempat yang aman untuk menyimpan emas, apakah di rumah atau menaruhnya di safe deposit box.
4. Bersifat Likuid
Anda bisa kapanpun menjual kembali emas yang dimiliki secara mudah dan cepat. Ini berbeda dengan investasi lainnya semisal obligasi atau property yang proses pencairannya ketika dibutuhkan, memiliki waktu yang lebih lama dan melibatkan orang lain. Ini berarti, emas bisa menjadi solusi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan yang mendesak.
5. Daya Tahan Kuat
Emas merupakan logam mulia yang memiliki daya tahan kuat terhadap berbagai kondisi cuaca, karat, asam, dan air. Meskipun emas bisa mencair dalam suhu di atas 1083 derajat Celcius, namun nilainya tidak akan berubah. Bentuknya memang berubah, tetapi nilai kemurnian serta massanya tetap sama.
6. Tidak Memerlukan Modal Besar
Harga emas memang tergolong mahal. Namun kini, investasi emas bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan dana besar. Misalnya, menabung emas atau arisan emas. Saat ini, sudah banyak bank syariah di Indonesia menawarkan layanan tabungan emas (kepemilikan logam mulia) dengan biaya terjangkau. Sedangkan arisan emas merupakan metode investasi emas yang dapat Anda lakukan bersama beberapa teman atau kerabat. Para anggota arisan emas bertugas mengumpulkan sejumlah uang (yang sudah disepakati sebelumnya) dalam periode tertentu. Setelah nominalnya mencukupi dan periode arisan berakhir, barulah uang tersebut digunakan untuk membeli emas.

Jadi, sudah tidak lagi alasan untuk tidak berinvestasi emas, bukan? (Redaksi)